Working Hours : Senin-Jum'at | 07.00 .- 16.00 TK Asih Putera : 081320267491   I   Day Care : 085603155659
Blog
  • Yayasan Asih Putera
  • 2022-12-14 14:59:00
  • Artikel

Market Days TK Asih Putera

Beli…beli…beli…! Begitulah celotehan anak-anak TK  ketika menjajakan barang dagangannya kepada para pengunjung. Anak TK jualan? Ya betul, mereka jualan. Memangnya bisa? Bisa dong, karena ini adalah salah satu cara bermain sambil belajar anak-anak TK Asih Putera dengan metode bermain peran atau role playing.

Pekan ini adalah pekan anak-anak belajar tentang “Pasar”, untuk Market Days sendiri tepatnya di hari kamis, tanggal 22 September 2022 lalu. Di dalam kurikulum merdeka, guru diberi kebebasan dalam mengembangkan tema-tema materi ajar. Salah satunya adalah topik pasar ini. Guru bisa mengenalkan berbagai macam buan-buahan, sayuran dan lain sebagainya.

Di hari yang sama, anak-anak membawa buah atau sayuran, satu anak membawa satu jenis buah atau sayur. Ternyata banyak anak yang membawa lebih dari satu jenis sayur dan buah, sehingga ketika dikumpulkan menjadi banyak. Akhirnya anak-anak bisa bermain peran jual-beli.

 

Dalam bermain peran ini, anak-anak secara bergantian menjadi penjual dan pembeli. Karena melihat jumlah anak-anak yang lumayan banyak lebih dari 50 orang. Untuk waktunya dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi kelompok A dan kelompok B. Teknisnya adalah bergantian antara anak laki-laki dan anak perempuan menjadi penjual dan pembeli, begitu pun sebaliknya. Jadi dalam kegiatan ini, semua anak mempunyai pengalaman menjadi penjual dan pembeli.

Ketika menjadi penjual, anak akan belajar menjajakan barang jualannya, belajar mengidentifikasi barang jualannya, belajar berhitung, dan lain-lain. Ketika menjadi pembeli, anak akan belajar mengidentifikasi apa saja daftar barang yang harus dibelinya, belajar mengidentifikasi penjual mana yang menjual barang yang ada di daftar belanjaan, belajar berinteraksi dan berkomunikasi menanyakan barang yang akan dibelinya, juga mengenal nilai mata uang.

Ketika awal kegiatan, ada anak yang terlihat seperti kebingungan, ada juga yang ekspresif kegirangan ketika mendapatkan uang dari hasil jualannya (baca: uang-uangan). “Yeaaaaa…, aku kaya raya!” katanya sambil lari-lari dan bersorak-sorai. Ada juga anak yang asyik makan buah barang jualannya, “Emmh, enak…,” katanya. “Aku suka… aku suka!”

 

Dari kegiatan Market Days ini, anak-anak banyak belajar tentang enterpreuneur, mengenal berbagai jenis buah dan sayur. Bahkan sayuran yang langka ditemui oleh anak-anak, seperti sayuran leunca.

Sebelum kegiatan bermain peran pasar ini, guru mengenalkan berbagai nama buah dan sayuran yang akan dijual di pasar tersebut. Selain itu anak-anak mendapatkan misi untuk belanja sesuai dengan daftar belanjaan disesuaikan dengan usia. Untuk kelompok A (usia 4-5 tahun) membeli 1 buah tomat, 2 buah telur, 3 buah cabe, dan seterusnya. Untuk kelompok B (anak usia 5-6 tahun) jumlah barang yang harus dibeli lebih banyak.

Anak-anak harus mencari dan mengidentifikasi pedagang mana yang menjual barang yang ada di daftar belanjaannya. Seperti membeli 10 butir leunca, anak-anak akan menghitung bersama antara pembeli dan penjual. Setelah itu anak-anak membayar dengan uang-uangan yang sudah disediakan oleh guru. Begitupun untuk daftar belanjaan yang lainnya. Setelah selesai anak-anak melaporkan kepada guru hasil dari belanjaannya. Guru melihat dan mengecek hasil belanjaannya, apakah jumlah benda yang dibeli sesuai dengan daftar/ jumlah bendanya atau tidak. Guru akan melakukan assessment, siapa saja anak yang sudah bisa berhitung dan siapa saja anak yang masih perlu bimbingan dalam berhitung.

 

Market Days ini adalah salah satu program tahunan TK Asih Putera. Program ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa enterpreneur, keterampilan hidup, dan juga sekaligus penguatan karakter siswa. Kaitannya dengan konsep kurikulum merdeka PAUD atau karakteristik utama kurikulum merdeka adalah menguatkan kegiatan bermain yang bermakna sebagai proses belajar. Menguatkan relevansi PAUD sebagai fase pondasi (bagian penting dari pengembangan karakter dan kemampuan anak serta kesiapan anak bersekolah di jenjang selanjutnya).

 

Capaian perkembangan dalam kegiatan Market Days ini, merujuk pada elemen dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa dan seni yaitu capaian perkembangan:

1.    Anak mengenal dan memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan secara lisan dan tulisan atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan.

2.    Anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pra membaca dan pra menulis.

3.    Anak mengenali dan menggunakan konsep pra matematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.

4.    Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif

5.    Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media sebagai sumber belajar, untuk mendapatkan gagasan mengenai fenomena alam dan sosial.

6.    Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa tekhnologi serta untuk mencari informasi, gagasan,  dan keterampilan secara aman dan bertanggung jawab.

Alhamdulillah, kegiatan Market Days ini berjalan dengan lancar dan meriah.  Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan metoda Role Playing ini memang sangat menyenangkan.

“Aku mau jualan lagi, biar dapat uang banyak!” ujar Hanif, yang terlihat sangat antusias saat berjualan. Sepertinya Hanif sangat berbakat menjadi seorang pengusaha, semoga….*

Link Informasi
Client Logo
Client Logo
Client Logo
Client Logo
Client Logo
Client Logo